Sunday, June 26, 2011

Secarik Kisah

Jatinangor, aku tumbuh menjadi gadis dewasa dan mandiri di jatinangor, dulu aku perempuan manja yang semuanya selalu di layani apa-apa tinggal minta tolong, mau pergi minta anter sopir, mau makan minta di masakin si mbak, kal sakit tinggal merengek ke mama dan papa, kal marah minta dirayu kal permintaanya ga dituruitin ngambek yang ujung-ujungnya nangis trus papa dateng merayu dan mengabulkan permintaan ku . Tapi di jatinangor itu semua berubah, aku disini sendiri di kota kecil bagian dari Kab Sumedang. Di sini aku belajar naik angkot kemana-mana sendiri, mau makan cari sendiri kal engga masak sendiri, kal marah atau punya masalh berusah menyelesaikan sendiri, kal sakit urus diri sendiri, ke dokter sendiri, ga ada lagi papa yang bakal ngerayu aku kal aku ngambek, aku ditempah menjadi perempuan dewasa dan mandiri, aku di ajarkan arti saling menghargai, saling menjaga perasaan, saling mencintai, saling peduli, dulu aku orang yang cuek mana peduli ama masalah orang bodo amat hidup, hidup lo urus aja sendiri, disini semua ga bisa kaya gitu sesama anak perantauan kita saling menjaga, saling menemani, saling menasehati. sebelum papa terkena sakit kanker, papa pasti dateng buat jenguk aku setiap bulan, buat ajak anak paling sulungnya tapi paling manja buat jalan-jalan. Tiba-tiba semua itu berubah aku ingat sekali di bulan mei tahun 2008 papa di vonis kanker stadium 3 dan sudah masuk ICU setelah endoscopi saat itu dunia ku serasa runtuh hancur berkeping-keping, yang ada di pikran ku Tuhan aku ga sanggup kehilangan papa sekarang lebih baik aku yang pergi dari pada papa, di saat yang bersamaan aku harus tetap tersenyum dan tertawa tanggung jawabku sebagi MC di acara kampus membuatku menahan air mata ini di hati, ingin sekali saat itu aku berlari ke jakarta, ingin sekali aku memeluk papaku, pedih ku sudah tidak terbendungkan, aku pulang ke kosan menangis sendirian aku merasa hidupku hancur, lebih baik aku kehilangan 1000 kekasih di banding seorang papa yg sangat aku cintai melebihi apapun, dia adalah separuh jiwaku, nafas kehidupanku, detak jantungku, cahaya hatiku, kal orang yang kenal aku, mereka akan melihat betapa manjanya aku dengan papaku, betapa dekatanya kami.
 akhirnya aku pulang ke jakarta setelah menyelesaikan tugasku di jatinangot TERCINTA, tiba di jakarta aku langsung menuju salah satu rumah sakit internasional di daerah kuningan, saat tiba air mataku langsung tumpah, tapi mam menahan ku untuk tidak menangis, jangan nangis boru kasian papamu dia ga sanggup liat kal menangis, pasti dia ikut menangis sedangkan papa saat itu tidak boleh sedih, aku tahan air mataku aku peluk papaku dengan tubuh gemetar, aku tahan air mata ku, aku atur suaru ku agar tidak bergetar, tapi itu semua gagal ketika papa bilang udah nyampe boru hasianki, sehat kan kau inang, ga sakit kan kau inang, jangan sedih ya boru papa ga akan pergi tak sanggup lagi aku  menahan air mataku, hatiku serasa ditusuk aku menangis aku berlari keluar, ku beranikan diriku untuk masuk lagi keruangan papa ku hapus air mataku, ku bawa senyum termanis ke depannya, aku kecup keningnya aku bilanh " Eh bapak Timbul Hutagaol mana gigi ompongmu, lalu papa tertawa ga sopan ya kau sama papamu, betapa sejuk dan daminya hatiku melihat papa tertawa, udh lah inang sakit kal ketawa". papa dirawat selama 2 minggu sehabis itu dia pulang untuk menjalankan cemo, setelah papa yang pulang ternyata aku ambruk, kurasa saat itu tekanan dan pekerjaan yang banyak membuat ku stress berlebihan hingga aku sakit, aku awalnya ga mau bilang ke papa, tapi aku tidak bisa kal tidak mengadu ke papa, biasanya kal aku sakit aku pasti akan menangis di telepon minta di jempet papa, tapi saat itu semua berbeda dengan dewasa aku bilang papa lena sakit, badan lena panas tinggi, lena muntah, ga bisa jalan tapi gpp kok pa, nanti len ake dokter ya papa ga ush khawtir lena bisa urus diri lena sendiri, namanya oarang tua mana bisa tenang setiap jam selalu nelepon,"gmn boru masih panas ya, gmn badanmu masih ngilu, masih muntah ga, aduh inang jangan sakit lah papa ga tenang", aku bilang gpp pah aku cmn kecapean besok aku pulang ya, ga ush di jemput aku anik bis Prima Jasa aja, bisa inang, kau gpp pulang sendiri, udah di jemput sopir aja ya, aku bilang engga papa aku bisa kok sendiri udah papa ga usah sterss papa kan ga boleh stres. besoknya kau pulang mungkin saat di perjalanan panasku sampe 40 ntah kenapa aku ga pusing, aku ga lemes aku merasa sehat. Tiba di rumah datang menyambutku di pintu mama ku yang super duper cerewet, langsug dia megang jidatku aduh lena ini panas sekali, udah mama gpp aku cuman kangen rumah nanti juga sembuh. ini lah yang paling aku rindukan saat ini kal sakit ada mama yang ngurusin, semua makanan kesukaan ku dituruti aku bak putri raja yang segala sesuatunya di anter aku ga boleh turun dari temapt tidur, papa tidak bisa menemani aku tidur biasanya kal aku sakit pasti papa akan tidur sambil memelukku, dia dibawah dan tidah bisa naik ke atas, dasar aku manja ake nangis lagi sedih ga ada papa yang memeluk aku, hahahahha. malamnya keadaan ku tidak membaik, papa yang cemas memanggil bapak tua(sebutan org batak untuk om yang paling tua) kakak, dan abang ku aku dilarikan kerumah sakit internasional Mitra bekasi timur  karna aku bersama dengan kakak ku yang bekerha sebagai perawat disana aku ga perlu ngantri lagi, di cek panas ku 40 saat itu langsung saja dokter menyaran kan tes darah dan hasilnya aku positif tipes, hari itu juga aku dirawat padahal aku sudah merengek ke bapak tua untuk tidak dirawat maklum aku takut jarum suntik. Ternyata papa menagis dirumah dia merasa sedih kenapa di saat dia sakit anaknya harus sakit juga, dia merasa sedih tidak bisa menjagaku,  mama juga nangis dia merasa cobaan datang bertubi-tubi papa belum sembuh aku malah masuk rumah sakit aku sih di kasih tau ama kakak aku mana mau mereka ngasih tau kesedihan mereka. hari kedua kau dirawat papa dateng ke rumah sakit sebelum dia melakukan cemo therapinya. aku liat wajahnya yg letih karna cemo tapi dia berusah untuk menjenguk aku, papa bilang ga akan tenang sebelum melihat boarunya yang satu ini. saat itu dalam hati aku bilang LUV U SO MUCH PAP semenjak itu aku tanamkan di dalam hati dan pikaran ku, aku harus dapet laki-laki yang seperti papa, dia tolak ukur ku dalam memilih laki-laki, kal tidak seperti papa aku ga akan mau hahaha, setelah seminggu dirawat aku pulang kerumah, hanya dirumah 2 hari aku langsung lari lagi ke jatinangor tugas dan tanggung jawab aku menunggu disana, aku singkirkan dulu rasa khawatir meninggalkan papa, aku singkirkan kan pula kesehatan ku. Papa sebenernya melarang aku pulang dia bilang istriahat dulu dasar aku keras kepala aku tetep pergi ke jatinangor dengan kondis yang masih lemes, aku sih ga tunjukkin ke papa kal di tanya sehat boru aku jawab sehat bosssssss, 2 minggu di jatinagor aku kembali ke jakarta papa minta supaya kau yang nemenin dia cemo, aku pikir cemo itu papa di masukin ke tabung terus disanirin ternyata pake infus, biarpun cmn infus dampak dari cemo itu besar bisa botak, kurus, kulit menghitam, tapi papaku kebalikannya dia jadi Gendut banget, mukanya cerah ya emg rambutnya agak rontok tapi ga banyak jidatnya jadi plontos kaya lapangan terbang hahahha.
papa menjalani 10 kali cemo, berarti selama 10 kali itu dia kesakitan tapi dia tidak pernah mengeluh dia selalu tertawa pokok nya papa ku paling d'best lah. hal yang paling bikin papa suka marah kal aku nemenin dia cemo adalah aku selalu tidur, pernah sekali papa manggil-manggil aku buat minum aku ga denger malah asik aja tidur, untung mama ku cerdas ga dibiarin dia aku jaga papa sendiri dia tau anaknya ga bisa diandelin buat jaga malem hahahaha, dia suruh uda aku untuk nemenin papa bareng aku, jadi uda aku yang ngurus keperluan papa sedangkan aku tidur hahahhaha, paling kal udh bangun papa cmn bilang nyenyak boru tidurnya, sampe papa ga bisa nafas harus dibantu pake oksigen aja kamu tidur hahahhaha, tapi papa ga pernah marah padahal aku udh lalai banget. akhirnya aku bisa bernafas lega cemo papa berakhir tinggal melakukan rawat jalan, aku kembali fokus ke jatinangor dengan perasaan sedikit lega walaupun aku trauma menerima telepon dari rumah aku takut mendapatkan kabar keadaan papa memburuk, aku cmn bisa berdoa dan menyerahkan semuanya sama TUHAN aku titipkan papa ku, di setiap doa ku tak lupa aku bilang untuk selalu menjaga papa ku.
Kembali ke jatinangor nah disini di mulai  lah petualangan ku, aku menjadi gadis liar Aku bebas melakukan yang aku suka. aku pulang  malem, aku minum, aku merokok, aku pergi ke luar kota sesuka hati ku, aku bergaul dengan siapapun tapi masih dalam batas aku ga pernah melakukan hal yang akan menyakiti papa ku. teman-temanku suka menyebutku gadis penggoda hahahhaha, bukan penggoda yang aneh2 ya, aku bukan penggoda om2, aku org yang bebas, org pun bebas mau melakukan apapun di depan aku asal tidak merugikan ku, di jatinangor aku berpetualang dengan kisah percintaan hahahha, aku dkhianati, aku disakiti yah itu lah cinta kal ga siap di sakiti jangan pernah jatuh cinta. aku punya banyak teman, aku menikmati kebebasanku, aku ga perlu jadi lena yg manis dan manja. aku bebas berekspresi,disini aku belajar persahabatan namanya pertemanan ga akn pernah mulus pasti ada berantemnya tapi aku nikmati dan pelajari, Asti, Aulia, Ratu., Christy, Gigie mereka memberi warna dalam hidup ku, mereka semua itu gadis bodoh yang bersatu jadilah kami makin bodoh hahahhaa baru kali ini aku bersahabt dengan wanita biasanya sahabatku selalu laki-laki. awalnya aneh karna harus menjaga perasaan namanya perempuan kan lebih sensitif dulu kal bergaul dengan sahabatku yang laki-laki aku bebas aja mau ngapain karna mereka kan memaklumi hahaha tapi dengan mereka aku belajar untuk saling menghargai. hal yang paling konyol dari kami berenam  kal salah satu dari kami putus pasti kami kan ke villa Ratu untuk karokeaan ntah kenapa pasti selalu seperti itu kami akan bernyanyi dari lagu galau sampe dangdut pantura hahahha, dan kal lagi galau kamu paling suka nyanyi lagu dangdut. sekarang lagu dangdut yang paling ngetren yg bikin kami goyang adalah "HAMDUL ALIAS HAMIL DULUAN "hahahhaha.
mungkin aku akan menceritakan sedikit karakter teman-temanku ini. Ratu Bulqiah Ulfa : Mungkin orang-orang mengiranya dia gadis polos itu salah besar Ratu bukan gadis polos walaupun dia harus tiba dirumah pada pkl 18:00 tapi ratu  bukan gadis polos (mukanya aja yang sok polos hahhaha) ratu itu energik, suka tantangan, suka hal-hal baru, gila akan pengalaman ( dia selalu bilang pengalaman ga bisa di beli apapun, harta ga akan bisa beli pengalaman) saya bangga dengan Ratu walaupun dia susah minta izin untuk keluar bahkan kita teman-temannya harus membantu dia berbohong agar dapet izin tapi dia selalu berusaha untuk mengerjar impiannya, Pintar (beberapa orang menganggapnya gadis lemot karna harus menjelaskan berkali-kali kalimat yang kita ucapkan) bukan dia tidak mengerti dia hanya ingin lebih meyakinkan isi dari percakapan, tapi kadang-kadang saya suka bingung ama dia hal sulit dapat mudah dia mengerti sedangkan hal simpel yang kita bicaran sulit sekali dia mengerti. hahaha, Ratu gadis yang kuat walaupun air matanya sering tumpah memebasahi pipinya yang putih tapi di hatinya dia lebih kuat dari kami semua, ratu itu penyabar jarang sekali dia marah ke orang hatinya penuh maaf. kal anda suatu saat pernah bertemu dan berbicara pada gadis yang bernama Ratu Bulqiah Ulfa perhatikan ga ya bicaranya yang ceplas-ceplos, perhatikan setiap ucapannya pasti suka ada yang salah atau kebalik dan yang harus anda dengarkan dia tidak bisa bilang D alias cadel D hahahha. Ratu semberono coba kasih barang ke dia kal ga lupa di taro dimana atau hilang tak berjejak saya salah satu korbannya kaca mata saya hilang hiks...hiks...hiks hahhaha, Oke cukup untuk ratu garis besarnya dia gadis Sunda yang CANTIK kal anda bertemu dengannya dan anda laki-laki pasti anda akan terpana melihatnya. Giusty Bayuwardhani : panggilannya Gigie, gigi gadis yang pintar, rajin, pekerja keras dan perfeksionis kal kita sekolompok dengan dia tenang dan sabar saja mendengar ocehan dan marahan dia serahkan semua ke gigie pasti selesai dengan hasil yang memuaskan haha, gigie itu gampang banget pundungan kal ga diturutin keinginannya atau ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang dia mau, saya inget banget waktu itu kita ber enam janji mau ke salon biasalah perempuan tapi tiba-tiba ada hal yang lebih penting yang harus kita lakukan disana khususnya saya dan asti saat itu sangat sibuk sekali kita undurlah beberapa jam kepergian kita tiba-tiba saja gigie ngambek dengan mata yang berkaca-kaca " Atulah kita jadi pergi kesalon apa ga sih, kal ga saya mau pulang" ( dengan bibir manyun-manyun hahahaha) tapi itu ga akan berlangsung lama cukup diam kan saja gigie setengah jam pasti dia akan kembali ceria sendiri tidak ush dirayu kal dirayu kadang-kadang malah jadi makin ngambek hahahaha, gigie hobi banget belanja kita sih sebenernya cuek aja dan bodo amat dengan hobi dia yang satu ini, tapi gara-gara hobi dia yang satu ini di akhir minggu kita harus medengar ocehannya yang bikin kuping pengang "atulah duit saya kok udh habis ya padahlal ini baru hari kamis, kemana aja ya duit saya, aduh saya ga punya uang saya harus irit nih berarti" (padahal dia sendiri yang cerita baru belanja ya wajarlah duit  dia habis) kadang-kadang kita cumkan bisa ngelus dada, Sudah sangat maklum Hahaha. Gigie juga perempuan yang suka berpetualang. Secara garis besar Gigie perempuan Sunda yang wajahnya ayu sekali tapi mirip orang cina kal kalian bertemu sekali mungkin anda berfikir kal Gigie ada keturunan cinanya.
Wirasti Sarasati : nah ini dia bisa di bilang saya paling sering bersama perempuan ini, panggil saja dia asti perempuan keturunan Jawa batak ini perempuan Cantik, Tomboy, Selebor, Pintar, tegas dan Pemberani diantara kita semua dia orang yang paling nekat pulang kebandung dari klaten naik kereta ekonomi, suka sekali mengendarai berbagai jenis motor saya pernah jadi korban dari kenekatannya hahaha tap saya tenang kal bersama asti hal-hal nakal ata hal-hal nekat yang kami lakuin akan menjadi tantangan yang menarik dan ga akan pernah dilupakan, di balik sikapnya yang tomboy tersimpan kehangatan hati dan sikap keibuan sikapnya yang penyayang dan sangat peduli akan sesama menepis pandangan kita akan asti yang misterius, terkesan pendiam ( anda semua tertipu dia itu kal udh ngomomg mulutnya kemana-mana alias cablak hahahaha), jorok (nah ini ga bisa dirubah dari kami semua asti itu paling jorok ntalah padahal dia didik dengan gaya jawa yang keras tapi ga ada satu pun yang tercemin dalam gaya berpakain dan kamar kosnya hahhaha) asti paling ga bisa menolak permintaan kita terkadang dia mengesampingkan keperluannya demi Teman-temannya, saya sudah berkali-kali mengingatkan dia terkadang kita harus lebih peduli dulu dengan diri sendiri baru kita peduli dengan orang lain. asti  sebenarnya paling lemah kal soal fisik diantara kita ber enam dia yang paling suka sakit, tapi itu semua tertupi dengan gayanya yang cuek dan tomboy.Aulia Anissa Kamelina
udah akh cape lanjut besok lagi yeee

BY LENA

No comments:

Post a Comment